AESI Mendukung Program Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap

 

Jajaran Direksi Foto Bersama. (Foto: Santi)
Jajaran pengurus Asosias[ Energi Surya Indonesia. (Foto: Santi)
JAKARTA, theindonesiatimes – Program pemerintah berupa Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap (GNSSA) yang bertujuan untuk mendukung Kebijakan Energi Nasional yaitu dengan tercapainya 23 persen penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) pada tahun 2025, tampaknya program tersebut mendapat dukungan penuh dari Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) malam ini. Dan dukungan penuh itu dikeluarkan oleh AESI dalam bentuk Deklarasi Nasional “Gerakan Nasional Sejuta Surya atap. Menuju Gigawat Pertama di Indonesia” disela-sela acara pelantikan pengurus AESI periode 2018 – 2021.

Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap (GNSSA) yang di deklarasikan oleh AESI bertujuan untuk mendorong peningkatan penetrasi teknologi listrik tenaga surya (solar photovoltaic) di Indonesia sehingga dapat tercapainya “The First Gigawatt Solar Tower” sebelum 2020 melalui partisipasi masyarakat secara aktif dengan cara mendorong dan mempercepat pembangunan pembangkit listrik surya atap di perumahan, fasilitas umum, gedung perkantoran dan pemerintahan, bangunan komersial hingga ke kompleks industri.

“Harus ada good will dari semua pihak jika ingin Energi Baru dan Terbarukan (EBT) tumbuh, terutama pemerintah. Karena pemerintah mempunyai sumber daya, dana, lahan & user yg menyebar dan banyak. Contoh paling gampang jika semua kantor pemerintah & BUMN diharuskan mengunakan energi solar pada siang hari untuk AC dan lampu saja maka jumlah sudah bisa mencapai ribuan bahkan ratusan ribu atap akan terpasang. Artinya target AESI untuk 1 juta akan lebih cepat tercapai. Dan ini akan terus bergulir,” ucap Dewan Pembina AESI Didi Apriadi di acara pelantikan pengurus AESI di Jakarta Selatan, Kamis (12/4).

Selain melakukan acara pelantikan pengurus dan deklarasi, AESI juga melakukan sebuah panel diskusi yang sekaligus menjadi ajang sosialisasi portal Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap ( GNSSA). Sebuah portal yang diharapkan bisa menjadi tempat bagi para calon pengguna Listrik Surya Atap untuk mencari informasi tentang produk maupun perusahaan yang menyediakan jasa untuk pemasangan pembangkit Listrik Surya Atap.

Portal milik AESI ini menjadi sangat penting artinya bagi para produsen dan perusahaan penyedia jasa konsultan maupun kontraktor, karena dengan adanya portal ini akan lebih mempermudah pemasaran produk-produk mereka secara online sehingga mampu menjangkau seluruh penjuru tanah air. Dan AESI sendiri akan membuat tim verifikasi independen untuk menyeleksi produk maupun penyedia jasa agar mereka produk dan jasa yang ditawarkan dapat memenuhi standar mutu tertentu. (Danur Santi)