BTN Hadiri Kongres FIABCI Global Business Summit 2018

Global-Business-Summit-2018-4
Presiden Direktur Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Maryono, Senior Housing Spesialist World Bank Dao Harisson dan Direktur Rumah Umum dan Komersial Moch. Yusuf Hariagung berbincang usai menjadi pembicara dalam kongres tersebut yang berlangsung di Denpasar-Bali (6/12/2018). (Foto:Valent/BTN)

Bali, theindonesiatimes – Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN), Maryono mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung program pemerintah mewujudkan rumah yang layak huni bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Maryono, saat menghadiri FIABCI Global Business Summit 2018, di Nusa Dua, Bali, Kamis (6/12/2018).

FIABCI atau Federation Internationale des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers merupakan Federasi Real Estate Internasional.

FIABCI Global Business Summit kali ini mengangkat tema, “Affordable Housing & Tourism Development,” digelar 6-8 Desember 2018 di Mangupura Ballroom, The Westin Hotel Nusa Dua, Bali.

FIABCI Global Business Summit 2018 diikuti ratusan pengusaha properti dari berbagai negara di dunia.

Global-Business-Summit-2018-1

“Pasti itu, BTN akan mendukung program penyediaan rumah yang layak bagi masyarakat. Jadi bukan hanya makro, tetapi juga masyarakat ekonomi mikro juga dapat memperoleh rumah layak,” kata Maryono, pada theindonesiatimes.com.

Hingga September tahun ini, sudah terdapat 670 ribu unit rumah yang berhasil dibangun berkat kerjasama dengan BTN, jelas Maryono.

Ia juga memperkirakan di atas 750 ribu unit rumah subsidi dan non subsidi yang dapat rampung tahun ini.

“Kalau target rumah bersubsidi, 94 persen sudah terpenuhi dan BTN masih jadi leader dalam Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ini,” ujarnya.

Global-Business-Summit-2018-5

Maryono juga menanggapi permintaan pengusaha properti yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI), agar diberi kemudahan oleh pihak perbankan.

“BTN sudah ada digital banking untuk memudahkan pengusaha. Jadi pengusaha tidak perlu lagi datang ke cabang, cukup melalui ponsel masing-masing,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Presiden World FIABCI Mr Assen Makedonov, Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata, Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Sekjen REI Paulus Totok Lusida, pengurus REI se- Indonesia, dan anggota FIABCI dari berbagai negara. (***/ist)