Inovasi Terbaru Utomodeck Hadirkan Solar PV Panel Surya Sekaligus Atap Bangunan

JAKARTA, theindonesiatimes –PT Utomodeck Metal Works, produsen atap untuk sektor konstruksi membuat terobosan bisnis yang inovatif dengan menghadirkan solar PV atau panel surya untuk atap bangunan.

Produk ini merupakan bentuk respon Utomodeck melihat tren tingginya permintaan panel listrik tenaga surya. Perusahaan ini kini bertransformasi menjadi perusahaan atap terintegrasi yang juga menyediakan panel surya yang dapat dipasang di atas bangunan atau PLTS Rooftop.

Produk PLTS Rooftop ini diperkenalkan di Jakarta,  di acara Technical Workshop bertema “Smart Energy Building: Implementation & Trends,” Selasa (3/9/2019).

Direktur Pengelolaan & Pengembangan PT Utomodeck Metal Works, Anthony Utomo mengatakan, penggunaan PLTS Rooftop dapat menghemat biaya listrik hingga 15-30 persen per bulan dengan investasi yang dikeluarkan untuk membeli perangkat ini akan mencapai titik impas atau break event point pada tahun ke-6 hingga ke-9 setelah PLTS dioperasikan.

Lifetime atau masa pakai atap solar panel ini menurut Anthony bisa mencapai 30 tahun dengan kebutuhan biaya perawatan yang minim.

Dia menambakan, keunggulan yang dimiliki produk ini membuat permintaan pemasangan solar PV terus meningkat.

“Apalagi sejak terbitnya Permen ESDM No. 49 Tahun 2018, dimana pemilik gedung dapat memanfaatkan PV Surya sebagai sumber listrik utama tanpa baterai dengan sistem ekspor – impor ke PLN dengan berbagai aplikasi seperti PV Glass Window, Solar Rooftop atau PV Road,” pungkas Anthony. (Red)