Jakarta Education Dan Techno Campus Pro 2020 Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0

JAKARTA, theindonesiatimes – Menghadapi tantangan yang besar era revolusi industri 4.0 ini, maka pendidikan dituntut untuk berubah juga karena kita hanya disungguhkan dua pilihan yaitu berubah atau mati. Termasuk pendidikan pada jenjang pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi.

Pada era pendidikan yang dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0 atau disebut Pendidikan 4.0 yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran dikenal dengan sistem siber (cyber sistem) dan mampu membuat proses pembelajaran berlangsung secara kontinu tanpa batas ruang dan tanpa batas waktu.

Saat pencari kerja meningkat, Indonesia diterjang disruption technology. Ke depan, Indonesia menghadapi ancaman hilangnya sejumlah bidang pekerjaaan. Jika tidak ada kemampuan beradaptasi teknologi digital, banyak perusahaan akan gulung tikar. Untuk itu diperlukan kreativitas dan inovasi berbasis sains teknologi. Dalam rangka mendukung program pemerintah guna peningkatan kualitas sumber daya manusia menuju generasi emas 2024.

Sehubungan dengan itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Perindustrian RI, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Pendidikan Tinggi wilayah III DKI Jakarta menggelar Pameran Pendidikan Tinggi terbesar di awal 2020, bertajuk Jakarta Education & Techno Expo Festival, Campus Pro 2020 yang dilaksanakan oleh event organizer Marawa Komunika Utama, bertempat di Istora, Senayan, Jakarta Selatan, Mulai 11 hingga 13 Februari mendatang.

Panitia Penyelenggara Didi Riswardi selaku Event Director PT Marawa Komunika Utama menjelaskan menurut dia, “Pameran pendidikan tinggi ini  dapat memberikan informasi secara lengkap kepada para pelajar siswa siswi SMA/SMK/MA/MAK kelas XII khususnya, yang berada di Jabodetabek ketika mereka ingin melanjutkan pendidikan Tinggi tinggi, sesuai dengan minat dan kemampuannya,” jelasnya.

Dalam pameran  tinggi ini ada beberapa pemateri yang memberikan ilmu atau informasi yang Insya Allah Ilmu tersebut bisa menjadi inspirasi bagi anak muda yang hadir,” jelasnya.

Agenda diskusi yang akan digelar dengan mengangkat tema “Reformasi Sistem Pendidikan Tinggi Era Revolusi Industri 4.0” sebagai pembicara Dr. M. Samsuri Plt. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta, Ketua Forum Rektor Indonesia Dr. Arif Satria, Sp.MSi, Balitbang Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian RI.

Pada pameran tersebut turut berpartisipasi 80 Perguruan Tinggi Swasta, 15 Perguruan Tinggi Negeri, dan 10 Lembaga Pendidikan Kedinasan. Serta disediakan bus pada 20.000 titik penjemputan bagi siswa-siswi yang akan hadir ke Istora Senayan, Jakarta.

Sejumlah agenda kompetisi juga digelar bagi para siswa siswi mewakili sekolahnya, untuk memeriahkan acara pameran tersebut antara lain. Kompetisi tari kreasi nusantara, Kompetisi Indie School Band, Kompetisi film pendek. (Jay)