Kegiatan Kurban SMAN 6 Kota Bogor Teladani Sifat Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Pemotongan Sapi Kurban di SMAN ^ Kota Bogor, Senin (12/8) (Dok Rohis)
Pemotongan Sapi Kurban di SMAN 6 Kota Bogor, Senin (12/8) (Dok Rohis)

 

BOGOR, theindonesiatimes – Perayaan Idul Adha 1440H sudah menjadi bagian dari kehidupan muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia yang merupakan negara dengan populasi muslim terbesar. Melaksanakan kewajiban berkurban bagi yang mampu sangat terlihat di berbagai tempat, seperti di masjid-masjid permukiman, di lembaga-lembaga pemerintah dan swasta, maupun di lembaga-lembaga sekolah. Begitupun dengan salah satu lembaga sekolah Menengah Atas yang berada di Kota Hujan ini.

Tampak kesibukan yang tak biasa di lapangan SMAN 6 Kota Bogor pada Senin, 12 Agustus 2019 sejak pukul 07.00 WIB. Ternyata para warga sekolah sedang menyiapkan acara penyembelihan hewan kurban berupa 2 ekor sapi dan 2 ekor domba. Kegiatan ini dilakukan oleh para siswa yang dimotori oleh pengurus OSIS SMAN 6 Kota Bogor. Dibantu oleh para guru dan staf sekolah, rangkaian kegiatan kurban tahun ini berjalan dengan baik dan lancar.

Pada kesempatan ini, Dra Tati Mulyati selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas mewakili Kepala SMAN 6 Bogor, Dr. Hj. Aidawati, M.Pd. mengatakan, “Tujuan kurban kali ini adalah untuk membangun kepedulian sosial, membentuk karakter siswa yang religius, dan menanamkan nilai-nilai kebersamaan, gotong royong, serta rasa tanggung jawab”.jelasnya.

Wali kelas XII MIPA -1 bersama para siswa menikmati daging kurban dalam kebersamaan. (Istimewa)
Wali kelas XII MIPA -1 bersama para siswa menikmati daging kurban dalam kebersamaan. (Istimewa)

Lebih lanjut Tati menjelaskan, “Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami membentuk kepanitiaan sekolah. Tahun ini kami percayakan kepada Dra. Endang Cahyawati sebagai ketua pelaksana. Ditambahkannya pula, bahwa sejak pagi kegiatan sekolah berjalan seperti biasa, diawali dengan sholat dhuha bersama dan mendengarkan tausiyah dari ustad Lutfi, S. Ag, dan dilanjutkan dengan acara penyerahan hewan kurban dari perwakilan sekolah oleh pengurus OSIS kepada pihak panitia pelaksana kurban.

Adapun mengenai hewan kurban, pihak panitia menjelaskan bahwa jumlah tersebut atas nama 14 orang dengan besar dan jenis hewan yang sudah sesuai baik menurut syariat Islam maupun peruntukannya.

Lebih lanjut Tati mengungkapkan bahwa kegiatan kurban sesuai syariat ini dilaksanakan untuk meneladani ketaatan Nabi Ibrahim AS dan kesabaran putranya, Nabi Ismail AS, serta ketangguhan Siti Hajar sebagai seorang ibu dalam menjalani cobaan dari Allah SWT. Terakhir, Tati selaku Humas SMAN 6 Kota Bogor mengucapkan terima kasih kepada seluruh siswa dan semua pihak yang sudah berinfak serta mendoakan semoga menjadi amal sholeh yang diterima oleh Allah SWT dan mendapat balasan yang setimpal. (Riri)