Kemensos Dukung Kemenlu Gelar Acara Publikasi Dan Edukasi Tentang ASEAN

JAKARTA – Kementerian Sosial (Kemensos) RI berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI menggelar kegiatan
Car Free Day (CFD) – Duta Muda ASEAN Indonesia 2019, #ASEANadalahkita berlangsung di Mobil Anti Galau, Pusat Penyuluhan Sosial – Kemensos RI berlokasi di Area CFD Dukuh Atas Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, Minggu (13/10).

Kegiatan ini diawali Senam Bersama dengan para instruktur senam wanita yang diikuti sekitar 100 orang peserta. Selain mengikuti senam pagi bersama para peserta bisa mendengarkan story telling mengenal ASEAN, juga ikutan games and quiz serta bernyanyi dengan memakai bahasa isyarat.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras menyampaikan kegiatan ini merupakan kolaborasi Kemensos RI dengan Kemenlu RI khususunya dari Direktorat Kerjasama Sosial Budaya ASEAN.

“Agenda hari ini yang digelar oleh Kemensos bersama Kemenlu sangat penting dalam rangka untuk terus melakukan publikasi dan edukasi kepada masyarakat terkait dengan ASEAN. Saya juga mendapat informasi pada tahun 2023 Kita akan menjadi Keketuaan ASEAN,” kata Sekjen Kemensos, Hartono Laras kepada wartawan.

Lebih lanjut Hartono Laras mengatakan ASEAN telah dibentuk 52 tahun yang lalu dan Indonesia memiliki peran yang sangat penting dan strategis terutama pada pilar Sosial Budaya.

“Ada tiga pilar selain sosial budaya, yaitu pilar ekonomi dan pilar politik serta keamanan. Kami terus melakukan publikasi dan edukasi masyarakat terkait ASEAN,” ungkap Sekjen Kemensos RI.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Sosial, Adhy Karyono mengatakan Kemensos berkontribusi sangat mendukung program ASEAN khususnya terkait dengan program sosialnya ASEAN seperti masalah kemiskinan dan disabilitas.

“Kali ini kita bersama dengan Kemenlu mengenalkan disabilitas tuna rungu dan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan memakai bahasa isyarat oleh para Duta Muda ASEAN Indonesia 2019,” kata Kepala Biro Perencanaan Kementerian Sosial, Adhy Karyono.

Adhi Karyono menambahkan tujuan intinya hari ini Kemensos sangat mendukung Kemenlu untuk menyemarakkan tentang keanggotaan kita di ASEAN.

“Kerjasama ini otomatis terus berlangsung. Nanti pada sidang-sidang ASEAN, Kemensos akan bicara soal bidang sosial dengan Kemenlu,” tutur Adhi Karyono. (Ivan)