Musisi Robert Marbun Gelar Konser 33 Tahun Berkarya

Robert Marbun (Bergitar) bersama Produser Bernard Banjarnahor, Director Tarida Hitahurut, Creative Director Chokie Napitupulu saat jumpa pers di jakarta, Sabtu (15/9/2018)
Robert Marbun (Bergitar) bersama Produser Bernard Banjarnahor, Director Tarida Hitahurut, Creative Director Chokie Napitupulu saat jumpa pers di jakarta, Sabtu (15/9/2018). Foto: Ojay

JAKARTA, theindonesiatimes – Bakat seni musik Robert Marbun telah tumbuh sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, kedekatan dengan ibundanya yang gemar menyanyikan lagu-lagu Batak menjelang tidur malamnya. Menjadikan dirinya sangat piawai melantunkan notasi lagu serta menjadikan dirinya telah pandai menciptakan lagu sejak duduk di bangku SMP.

Pria kelahiran Laepara, Sumatera Utara ini kemudian gandrung menekuni musik dan membuat lagu, bahkan seringkali gurunya meminta Robert untuk mengajarkan notasi lagu kepada teman-temannya. Hingga selepas menamatkan bangku SLTA di kampungnya dengan bekal bermusik sebagai pegangan hidupnya, Robert mulai mengadu nasib ke Jakarta.

Kecintaan Robert akan budaya Batak khususnya seni musik, serta selalu konsisten dalam menciptakan lirik dan notasinya dengan makna mendalam menyuarakan perasaan bathin menjadikan dirinya sebagai musisi Batak yang melegenda. Selama 33 tahun berkarir dengan berbagai tantangan dan hambatan tak menyurutkan langkahnya, hingga kini telah merilis 20 album. Sejumlah karyanya hingga mencapai lebih dari 600 lagu, bahkan sederetan lagunya telah dipopulerkan oleh para penyanyi Batak papan atas diantaranya Rita Butar Butar, Joy Tobing, Putri Ayu Silaen dan lain-lain.

Dengan semboyan hidupnya “Menghibur dan Mengedukasi”, sejumlah penyanyi Batak papan atas tersebut juga pernah menjadi asuhan Robert, hingga meraih kesuksesan di dunia musik Indonesia. Robert sangat jeli melihat peluang bekerjasama sesama musisi, hingga membentuk berbagai group trio dari berbagai genre musik. Bahkan Robert juga membentuk sebuah group Romansa Trio (Robert Marbun n Sahabat), group yang kompak dalam menyanyikan karya-karyanya hingga kini.

Robert marbun berama Artis penyanyi pendukung konser 33 tahun berkarya. (Foto: Ojay)
Robert marbun berama Artis penyanyi pendukung konser 33 tahun berkarya. (Foto: Ojay)

Konser Apresiasi

Prestasi yang berhasil ditorehkan Robert selama ini, membuat dirinya patut diapresiasi dengan menggelar konser 33 tahun Robert Marbun. Acara itu digagas Bernard Banjarnahor, selaku Produser sebuah event organizer profesional BB Organizer. Konser bertajuk “Di Takko Ho Ma Rohakki” adalah salah satu judul lagu Robert yang sangat hits. Dalam programnya konser itu akan digelar di TobaDream Concert Hall, Jakarta, pada Sabtu 23 September mendatang.

“Kami sangat bangga memiliki musisi Batak sekaliber Robert Marbun, yang sangat konsisten berkarya melestarikan budaya Batak selama ini. Sebagai apresiasi maka dengan konsep kreatif kami akan menampilkan kolaborasi musik dan pertunjukkan yang bakal memukau penonton. Dengan dukungan dari sederetan penyanyi dan musisi Batak akan membawakan 23 lagu karya Robert,” ujar Bernard kepada awak media, di Jakarta, Sabtu (15/9/2018).

Selain itu konser megah tersebut melibatkan Tarida Hutauruk selaku Show Director merangkap Musik Arranger serta didukung pula Chokie Napitupulu selaku Creative Director. Didukung oleh sederetan penyanyi: Joy Tobing, Putri Ayu Silaen, Rita Butar Butar, Berlian Hutahuruk, Putri Silitonga, Joel Simorangkir, Andolin Sibuea, RND Singers, New Ambisi, Romansa Trio, Nainggolan Sisters, ASAPOS, dengan bintang tamu Viky Sianipar bersama Palito Big Band Format.

“Harapan kami dengan digelarnya konser 33 tahun Robert Marbun ini, kita dapat lebih mencintai dan melestarikan budaya Batak sebagai warisan leluhur. Sebagai wujud nyata dari edukasi kepada generasi muda untuk lebih mencintai karya seni budaya kita, jangan sampai lewatkan konser yang sangat spektakuler ini,” pungkas Bernard. (Jay)