Patuna Gelar Manasik Guna Tingkatkan Pelayanan Haji 2019

Para calon jemaah haji Patuna saat menjadi Manasik. (Ist)
Para calon jemaah haji Patuna saat menjadi Manasik. (Ist)

BOGOR, theindonesiatimes – Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan jamaah dalam menjalankan ibadah haji diperlukan inovasi pengetahuan yang cukup agar berjalan baik dan benar.

Program yang dilaksanakan PT.Patuna Mekar Jaya (Patuna Tour and Travel) tak henti-hentinya berikan education bagi para jamaahnya.

“Seperti kondisi terkini di Arab Saudi, keberangkatan dan saat sudah berada di tanah suci dan kami memberikan apresiasi serta membentuk pelayanan pemberian informasi teknis dan tata cara hingga proses ibadah Haji dan Umroh secara baik dan benar,” ujar Drs.H.Syam Resfiadi selaku Direktur Utama PT Mekar Jaya kepada sejumlah media,di Bogor,  Jumat (12/07/2019)

Dikatakan Syam manasik haji tahun ini kami diselenggarakan secara khusus untuk PT.Patuna Travel.Dimana manasik kali ini bagi menjadi dua paket (12-14 Juli 2019) buat paket ungu dan hijau dan insallah minggu depan (19-21 Juli 2019) untuk paket biru dan coklat hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan.

“Untuk tahun ini calon jamaah yang dapat bergabung sebanyak 418 namun karena ada satu batal menjadi 417 jamaah pada paket ke dua.Keseluruhan jamaah akan berangkat menuju tanah suci mekkah pada tanggal 23 Juli 2019,” tuturnya.

Lebih lanjut Syam menyatakan dalam pertemuan ini akan ditunjuk siapa perwakilan yang akan dapat membantu penyelenggara untuk hal -hal yang sifatnya informasi.

“Patuna dalam mengawal para jamaah nantinya akan membawa 19 petugas, diantaranya 10 Pembimbing Ibadah, 4 Dokter dan 5 petugas travel,”imbuhnya.

Menurut Syam selain itu petugas pelayanan juga sudah ada disana termasuk koordinator pelayanan hotel, koordinator pelayanan transport, koordinator untuk Arrafah Mina dan masih ada lagi koordinator Airport untuk penjemputan dan kepulangan.

“Dalam Manasik Haji ini para jamaah deberikan penjelasan mengenai program, penjelasan masalah ibadah dan filosofinya sesuai dengan standar kewajiban yang harus dilakukan oleh PIHK didalam PMA, serta penjelasan dalam bentuk prakteknya,”ungkapnya.

Sementara itu Komisaris Utama PT. Patuna Mekar Jaya Hj. Emma Murtika atau akrab disapa Mama Emma dalam sambutannya mengingatkan akan persiapan sebelum berangkat. Semisal jaga kesehatan dan persiapan hati untuk selalu menjaga niat bahwa kita berhaji karena Allah SWT.

“Persiapan hati lainnya adalah memperbanyak taubat, sedekah, menjaga tutur kata yang baik,” urainya.

Diakhir sambutanya Mama juga berdoa agar semua jamaah diberi kelancaran dan kesehatan menjalankan rangkaian atau tahapan haji. Mulai dari keberangkatan, di Tanah Suci hingga nanti kembali tiba di Tanah Air.(Jay)