Pengamat Dukung Pemerintahan Jokowi Dirikan Bank untuk UMMi Demi Kesejahteraan Rakyat

Pedagang pasar dalam acara kegiatan Festival Kopi di Rumah Aspirasi Rakyat 01 Jl. Proklamasi 46 Menteng Jakarta, Sabtu (02/03/2019). Foto: RAR/GusDin.
Pedagang pasar dalam acara kegiatan Festival Kopi di Rumah Aspirasi Rakyat 01 Jl. Proklamasi 46 Menteng Jakarta, Sabtu (02/03/2019). Foto: RAR/GusDin.

JAKARTA, theindonesiatimes – Muhammad Nirwan Naim Pengamat Ekonomi Pembangunan mendukung Pemerintahan Jokowi membuat Bank Usaha Menengah dan Mikro untuk Kesejahteraan Rakyat. Hal ini sangat dibutuhkan agar pemerataan perekonomian menyentuh masyarakat dan ada akses kesempatan bagi pengusaha kecil atau baru berkembang.

“Pemeritahan Jokowi harus dilanjutkan sebab secara visi misi ekonomi sangat peduli pada Usaha Menengah dan Mikro. Karena itu kami mendukung pak Jokowi juga membuat Bank Usaha Menengah dan Mikro,” kata Nirwan saat ditemui di Rumah Aspirasi Rakyat 01 Jokowi-Amin Jl. Proklamasi 46 Menteng Jakarta Pusat.

Kata Nirwan sapaan akrab Muhammad Nirwan Naim ini, sekarang menurut data Bank Indonesia ada berbagai model perbankan yang diterapkan di Indonesia. Diantaranya, Bank Pemerintah, Bank Pembagunan Daerah, Bank Usaha Menengah dan Mikro (UMMi), Bank Swasta dan Bank Campuran.

Sementara bentuk programnya, biasanya Kredit Usaha Rakyat, Kredit Usaha Mikro dan Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB).

Menurut Nirwan dirinya, menyarakan dan menganjurkan ke pihak pemerintah, agar untuk meningkatkan UMKM lagi. Supaya memberikan modal lagi untuk para pelaku usaha kerja baik menengah dan mikro.

“Infrastruktur sudah berjalan dengan baik maka produksi dan pengusaha bisa bertumbuh lebih baik,” ujar Nirwan. (red)