Sambut HUT RI dan Kemlu ke-74, Kemlu Gelar Bakti Sosial di SD Cenderawasih Tangerang

 

Winanto Adi, Anita Luhulima,  Rikha Indah Sari Nugroho saat berikan hadiah kepada murid SD Cendrawasih III yang menang lomba gambar dan esai. (foto: istimewa)
Winanto Adi, Anita Luhulima, Rikha Indah Sari Nugroho saat berikan hadiah kepada murid SD Cendrawasih III yang menang lomba gambar dan esai. (foto: istimewa)

JAKARTA, theindonesiatimes – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 Kementerian Luar Negeri selaku panitia peringatan, menggelar acara kemenlu goes to Cenderawasih. Acara tersebut merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 26 juli 2019 dan pada, Kamis (8/8/2019) merupakan puncaknya di SD Cenderawasih, Pondok Aren Tangerang.

Rangkaian acara kemenlu goes to cenderawasih merupakan kolaborasi atau kerjasama antara kemenlu, yayasan Pendidikan Daya Dutika Cenderawasih (YPDDC), sekolah Cenderawasih dan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Tangerang.

Winanto Adi, selaku ketua HUT Kemlu mengatakan bahwa, sebagai ketua panitia hut kemlu ia ingin mendekatkan kembali antara sekolah cenderawasih dengan Kemlu. Karena dari awal sekolah cenderawasih dilahirkan oleh Kemlu untuk keluarga kemlu. Tetapi akan lebih baik bisa berbagi dengan masyarakat sekitar.

“Ini adalah langkah awal yang perlu untuk ditindaklanjuti, tidak hanya berhenti disini. Pertama tentunya perhatian kami kepada anak-anak, generasi muda bangsa dan seperti tema dari pemerintah pada saat ini dan akan datang pengembangan sebagai manusia. Jadi ini langkah yang sangat tepat dan baik untuk terus kemlu ikut mengembangkan pendidikan melalui sekolah cenderawasih,” ujar Winanto.

Pada kesempatan yang sama dikatakan Anita Luhulima, Ketua Bidang Baksos panhut Kemlu, bahwa intinya kesehatan itu dimulai dari diri kita sendiri. Baksos tahun ini, diadakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk mata, donor darah dan lain-lain. kemlu juga punya tanggung jawab sosial kepada masyarakat, dengan mengadakan donor darah juga mengadakan kerjasama untuk melakukan khitanan massal.

“Kemlu mengadakan bakti sosial di sekolah Cenderawasih karena Cenderawasih adalah lingkungan terdekat dari kemenlu. Awalnya ini dikelola oleh kemenlu, dan kedua sesuai dengan misi presiden RI, menciptakan pembangunan manusia anak-anak yang lebih baik, pembangunan itulah dimulai dari Sekolah Dasar. Kegiatan kita di cenderawasih ini ada beberapa hal yaitu lomba menggambar (kelas 1 dan 2 SD) lomba esai,” paparnya.

Hal senada Rikha indah Sari Nugroho, ketua Yayasan Sekolah Cenderawasih juga mengatakan, “Sekolah- sekolah Cenderawasih sangat bersuka cita, harapannya dimasa yang akan datang, Kemenlu dapat melibatkan kegiatan-kegiatan pendidikan dengan semua sekolah Cenderawasih.” Tuturnya.

Para murid SD Cendrawasih III, pondok aren Tangerang Selatan saat foto bersama. (foto: istimewa)
Para murid SD Cendrawasih III, pondok aren Tangerang Selatan saat foto bersama. (foto: istimewa)

Rangkaian kegiatan baksos seperti sikat gigi bersama untuk seluruh murid SD Cenderawasih III, periksa gigi, talkshow senyum sehat indonesia unggul, penampilan tari Bali, penampilan medley lagu-lagu daerah oleh murid SD Cenderawasih III, puncak acara diakhiri dengan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba gambar dan lomba esai.

Turut hadir dalam acara itu antara lain: para tamu undangan dari pejabat eselon II Kemlu, Suzana Asparini ketua PDGI Tangerang. Para dokter gigi, para kepala sekolah dan wakil dan para guru sekolah Cenderawasih. Para komite dan orangtua murid, Kuncoro Giri Waseso selaku wakil ketua panitia hut Kemlu. (Karmila)