Spirit B Corp untuk Perubahan Sosial, Ekonomi dan Lingkungan di Indonesia

B Corp Indonesia Forum Gotong Royong 2018: Using Business as a Force for Good. (Foto: Ojay)
B Corp Indonesia Forum Gotong Royong 2018: Using Business as a Force for Good. (Foto: Ojay)

JAKARTA, theindonesiatimes – Sebuah gerakan yang dinamakan B Corporation (B Corp) yang diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 2007 dan menjadi sebuah gerakan dunia bagi pelaku bisnis yang memiliki visi untuk menjadikan usahanya sebagai kekuatan dalam memberikan kebaikan bagi kehidupan sosial, ekonomi dan lingkungan.

Guna memberikan inspirasi kepada pelaku bisnis di indonesia serta untuk mengetahui gerakan B Corp sekaligus menyediakan forum untuk berbagi ide dan pengalaman, Komunitas B Corp Indonesia menggelar Indonesia B Corp Forum bertajuk “Gotong Royong 2018: Using Business as a Force for Good”, di Jakarta, Senin (3/9/2018).

Terget gerakan B Corp berupaya untuk membangun jaringan dan kesempatan berkolaborasi, membangun kemitraan serta menyelesaikan dampak kolektif dari isu perubahan iklim, ketimpangan pendapatan, hilangnya keanekaragaman hayati ataupun polusi laut.

Dalam kesempatan itu B-Corp Asian Community Corey Lien menegaskan, “Saat inilah dibutuhkan lebih banyak pelaku bisnis untuk bergabung dalam gerakan ini, serta merubah paradigma para pelaku bisnis dari yang semula fokus pada keuntungan finansial menjadi berorientasi pada kesejahteraan sosial dan kesehatan planet bumi, tidak hanya pada perusahan kecil maupun perusahaan multinasional. Berkembangnya komunitas B Corp dapat mendorong perubahan serta menciptakan koordinasi multi pihak baik di tingkat Indonesia maupun Asia, yang sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan nasional dan regional.”

Senada dengan pernyataan itu Direktur pembangunan berkelanjutan Danone Indonesa, Kryanto Wibowo menjelaskan “Dengan menjadi B Corp, Danone-AQUA ingin menjadi bagian dari komunitas dunia untuk mendorong perubahan ke arah yang lebih baik. Meski masih jauh dari sempurna tetapi kami ingin menjadi bagian dari solusi dan bersama-sama meningkatkan kualitas sosial, ekonomi dan lingkungan yang lebih baik untuk Indonesia.”

Untuk mendapatkan sertifikasi B Corp, pelaku usaha diharuskan memperhatikan lima aspek yaitu tata kelola, karyawan, lingkungan, masyarakat dan konsumen. Saat ini lebih dari 2.600 perusahaan yang berasal dari 60 negara telah bersertifikasi B Corp. Sementara di Asia, B Corp telah menjadi komunitas yang terdiri dari 81 perusahaan dan tersebar di 17 negara. Jumlah ini naik 10 X lipat dibanding 2014. Sedangkan di Indonesia, baru terdapat dua perusahaan B Corp yaitu Percolate Galatic, agensi digital kreatif, dan Danone-AQUA, perusahaan air minum dalam kemasan dan minuman ringan. (Jay)