Basarnas Evakuasi ABK MV Ile De Re Kapal Prancis, di Selat Malaka

MEDAN, TheIndonesiaTimes – Tim gabungan Basarnas Kota Medan bersama Polairud Polda Sumatera Utara, mengevakuasi ABK {Anak Buah kapal} MV Ile De Re berbendera Prancis, yang sakit diduga akibat stroke di tengah laut Selat Malaka, berhasil di Evakuasi Senin {3/5/21}

ABK kewarganegaraan Filipina yang di evakuasi bernama Geraldo Puentle Balanca mendadak sakit di atas kapal saat melakukan pengerjaan pemasangan kabel laut disepanjang Selat Malaka wilayah Indonesia Kepulauan Karimun hingga wilayah terluar Aceh, peristiwa itu Minggu 2 Mei 2021 sore.

Geraldo Puentle Balanca Pria berusia 56 tahun ini mengalami sakit dengan gejala awal jari telunjuk mati kesemutan, dan mengalami gangguan bicara serta paralisa unirateral kanan.

Mendapat kabar, adanya ABK yang sakit Pihak Pelabuhan Belawan tim Basarnas bersama Polairud yang berjumlah 24 orang langsung menuju lokasi keberadaan kapal dengan waktu tempuh dua jam, dengan mengenakan pakaian lengkap protokol Covid-19, ABK yang sakit langsung di evakuasi dari atas kapal oleh petugas kesehatan Belawan, dan dibawa kedarat menyandar di Pelabuhan Belawan untuk selanjutnya akan di rujuk ke Rumah Sakit Umum Siloam Medan.

Kepala seksi operasi kantor SAR Medan, Zul Indra menjelaskan, tim gabungan dari Polairud Poldasu dan Tim Rescue Basarnas Medan berangkat dari Pelabuhan Belawan sekitar pukul 14.00 WIB dan tiba di kapal MV Ile De Re yang berada di perairan laut Selat Malaka sekitar pukul 16.00 WIB.

Saat itu korban langsung dievakuasi dari atas kapal dan kembali di pelabuhan Belawan pukul 18.00 WIB. Sebelumnya, korban yang sudah mendapatkan pertolongan medis dari kesehatan karantina Belawan kemudian di rujuk ke rumah sakit,” kata Zul.

“Kami tidak mengalami kendala apapun saat mengevakuasi ABK yang sakit yang berada di atas kapal tersebut” pungkasnya. {Binsar Simatupang}