Berbekal Sertifikasi B Corp Aqua Danone Pelopori Pembangunan Berwawasan Lingkungan

IMG_20190731_161932

JAKARTA, theindonesiatimes Danone -Aqua menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG) pertama di Indonesia yang memperoleh B Corp pada Februari tahun 2018 lalu.

Sertifikasi B Corp diberikan kepada perusahaan yang selama proses audit mampu membuktikan bahwa bisnis prosesnya mulai dari rantai pasok, sistem operasional hingga produk/service yang dilempar ke pasar bisa memberikan dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan.

Kelima aspek yang menjadi perhatian dalam sertifikasi B Corp adalah tata kelola, karyawan, lingkungan, komunitas dan konsumen.

Karyanto Wibowo, Suistainable Development Director Danone Indonesia, Rabu (31/7) mengatakan sertifikasi B Corp juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam konteks Suistainable Development Goals yang meliputi 3 dimensi pembangunan berkelanjutan yaitu, lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Lanjutnya, Danone – Aqua juga mendorong terbentuknya ekonomi inklusif dengan memberdayakan perempuan melalui mikro distribusi Aqua Home Services. “Saat ini ada 7300 lebih ibu rumah tangga menjadi mitra AHS yang juga merupakan penyumbang pendapatan keluarga,” ujarnya.

Di bidang lingkungan, perusahan berkomitmen untuk mengumpulkan lebih banyak plastik dari yang diproduksi tahun 2025 dan inovasi produk dengan menggunakan hasil plastik daur ulang. Sementara di internal, perusahaan berupaya membangun bisnis yang inklusif dengan meluncrukan program kepemilikan saham karyawan one share one voice.

Kebaikan yang didorong oleh B Corp membuat Danone-Aqua mendukung tumbuhnya gerakan B Corp di Indonesia. “Kami bersedia berbagi pengalaman dan mendampingi perusahaan menjalankan proses B Corp assessment,” katanya.

Great Giant Food (GGF), perusahaan di industri makanan dan minuman olahan, adalah salah satu yang tertarik menjadi B Corp. Menurut Arif Fatullah, Senior Manager Sustainable GGF, selama ini perusahaan telah menjalankan praktek produksi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Kami berupaya memberikan manfaat dengan membangun kemitraan strategis bersama masyarakat untuk menjadi pemasok,” ungkap Arif.

GGF eksportir nanas kaleng terbesar dengan pangsa pasar di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Sertifikat B Corp, diakuinya, memberikan nilai lebih bagi perusahaan di mata konsumen. (Jay)