CicilSewa Bermitra Dengan J Trust Bank Hadirkan Solusi Penyewaan Ruang Usaha Bagi UMKM

JAKARTA, theindonesiatimes – Pada 2018 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 48,91 persen dari 10, 37 juta populasi Jakarta tidak memiliki properti (rumah). Angka ini dengan sekitar 5,07 juta jiwa menyewa atau tinggal di rumah keluarganya.

Permasalahannya, mereka yang menyewa rumah dihadapkan dengan kendala besar, yakni harus membayar uang sewa di muka atau kontrakan selama satu hingga dua tahun. Jumlahnya antara Rp40 hingga Rp120 juta per tahun. Begitu juga bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Baca Juga :

Menyikapi hal ini, CicilSewa yang didirikan pada 2018 ini menghadirkan solusi untuk menghadapi masalah tersebut, dengan memberikan tempat untuk agen atau pemilik properti menampilkan rumah, apartemen, atau ruang usaha yang akan disewakan bagi calon penyewa.

CEO CicilSewa, Hendry Oktavianus mengatakan, kini penyewa bisa mencicil per bulan. Karena biaya sewa per tahunnya sudah dicover oleh CicilSewa. Misalnya, dalam setahun penyewa harus membayar Rp60 juta. Dengan solusi ini, penyewa bisa membayar 30 persen dari harga sewa per tahun itu, sisanya dicicil ke CicilSewa per bulan.

“Dengan begitu, bagi pelaku UMKM biaya itu tidak dimasukan ke Capex, tapi ke biaya operasional. Hal ini akan membantu dunia usaha,” kata Hendri kepada theindonesiatimes, seusai penandatanganan kerjasama dengan J Trust Bank, di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Untuk mendukung pembiayaan agar bisa membantu lebih banyak peneywa rumah, terutama dari generasi milenial dan pelaku UMKM, CicilSewa menggandeng atau bermitra dengan J Trust Bank.

“Dengan kemitraan ini kami tidak saja membantu memfasilitasi mereka yang membutuhkan rumah atau apartemen, tapi juga UMKM dalam merealisasikan cita-cita mereka,” ujar Hendri.

Sementara, President Director J Trust Bank, Ritsuo Fukadal memberi apresiasi terhadap upaya CicilSewa dalam merealisasikan kebututuhan dasar yang menjadi impian masyarakat, yaitu tinggal di rumah sendiri atau memiliki ruang usaha.

“Kami percaya CicilSewa akan membawa perubahan signifikan dalam pasar properti maupun calon penyewa,” tutur Ritsuo.

Saat ini CicilSewa baru beroperasi di Jabodetabek. Ke depan, direncanakan akan melakukan ekspansi ke beberapa kota lain di Jawa dan Bali. (Jay)