banner 728x250

CIMB Niaga dan NWP Property Kolaborasi Pembiayaan Syariah Ketegori Hijau Senilai Rp300 Miliar

banner 120x600

TheIndonesiaTimes, Jakarta – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga; IDX: BNGA) dan PT Nirvana Wastu Jaya Pratama (NWJP), anak usaha Nirwana Wastu Pratama Property Group (NWP Property), perusahaan patungan pengembang pusat perbelanjaan komersial antara Warburg Pincus dan PT City Retail Developments Tbk (IDX: NIRO), menjalin kerja sama dalam bidang pembiayaan syariah dengan akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) berbasis Sustainability-Linked Financing (SLF) senilai Rp300 miliar. Dana dari fasilitas pembiayaan ini akan dialokasikan untuk mendukung operasional dan keberlangsungan bisnis The Park Mall Semarang, salah satu pusat perbelanjaan di Jawa Tengah.

Perjanjian Kerja Sama (PKS) pembiayaan tersebut ditandatangani oleh Head of Corporate Banking CIMB Niaga Miranty Supardi dan Corporate Banking Head – Team III CIMB Niaga Dinah Permatasari serta Chief Executive Officer (CEO) Retail and Hospitality, NWP Property, Alphonzus Widjaja, di Jakarta, Senin (3/6/2024).

Sustainability-Linked Financing (SLF) atau dalam skema konvensional dikenal juga sebagai Sustainability-Linked Loan (SLL), adalah salah satu jenis pembiayaan yang mengedepankan inovasi untuk mendorong debitur melakukan praktik-praktik keberlanjutan terbaik melalui target kinerja keberlanjutan (sustainability performance target atau SPT) yang ambisius sesuai kesepakatan. Bank akan memberikan penyesuaian suku bunga sesuai dengan pencapaian SPT tersebut. Praktik terbaik keberlanjutan yang ingin didorong pada pembiayaan ini antara lain efisiensi energi dan sertifikasi bangunan hijau untuk The Park Mall.

Head of Corporate Banking CIMB Niaga Miranty Supardi menyambut baik kolaborasi CIMB Niaga dengan NWP Property. “SLF ini sejalan dengan komitmen untuk mendorong praktik bisnis yang bertanggung jawab sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dan mendukung transisi menuju ekonomi yang lebih hijau serta upaya pengembangan keuangan syariah di Indonesia. Pembiayaan ini merupakan transaksi dengan skema Sustainability-Linked ke-empat yang kami bukukan di CIMB Niaga dan ke depan kami akan terus mengembangkannya,” ujarnya.

Sementara itu, Head of Sustainable Finance CIMB Niaga Chialmi Dialdestoro Rosalim, menyebutkan bahwa penggunaan energi pada sektor bangunan komersial merupakan salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca yang signifikan. Melalui pembiayaan SLF syariah ini, CIMB Niaga berharap dapat berkontribusi dalam pencapaian net zero emission sejalan dengan keanggotaan CIMB Group dalam Net Zero Banking Alliance (NZBA).