Deklarasi DEM Tangerang Demi Wujudkan Kedaulatan Energi Nasional

Tangerang – Sejumlah mahasiswa berbagai kampus di wilayah Tangerang dari yang tergabung dalam Dewan Energi Mahasiswa (DEM). Telah sepakat untuk memulai langkah dan menyamakan visi dalam menginisiasi kedaulatan energi nasional.

Acara ini juga menandakan berdirinya DEM Tangerang. Selain deklarasi, DEM Tangerang juga mengadakan seminar Nasional dengan tema “Menguatkan Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Kedaulatan Energi bagi Bangsa Indonesia” dengan pembicara Pak Arie Gumilar selaku Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu dan Ugan Gandar sebagai penggiat energi, digelar di kampus Puspitek Tangerang, Banten, Selasa (1/9/2019).

Dengan berlangsungnya acara ini diharapkan dapat menyadarkan para mahasiswa akan pentingnya energi bagi kehidupan bangsa Indonesia, dan menyadarkan akan pentingnya peran mahasiswa dalam mewujudkan Kedaulatan energi.

Menurut Pak Arie Gumilar bahwa “Untuk menjadi bangsa yang kuat perlu diperhatikan 3F (Fuel, Finance, Food).”

Energi menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia di era modern seperti sekarang ini, namun penggunaan energi baru terbarukan di Indonesia masih sangat minim. “Peran dari DEM Tangerang yaitu untuk mendekatkan masyarakat terhadap Sumber Daya Alam nya agar dapat dikembangkan potensi yang ada di daerahnya terkait energi sehingga masyarakat bisa berdikari” ujar Syarief Hidayatullah selaku Ketua Umum DEM Tangerang.

DEM Tangerang disini juga berperan untuk menyebarluaskan informasi terkait energi ke masyarakat luas agar masyarakat bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

Para peserta seminar Energi dan pengurus DEM Tangerang bersama Arie Gumilar selaku Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu dan Ugan Gandar sebagai penggiat energi. (Foto: Ist)

Sejatinya energi Fossil butuh waktu yang sangat lama untuk dapat diperbaharui bahkan bisa sampai berjuta-juta tahun, oleh karena itu sudah saatnya kita beralih dari energi konvensional ke energi baru terbarukan (EBT).

“Indonesia sangat kaya akan potensi EBTnya, sebagai contoh matahari karena kita berada di garis khatulistiwa, lalu ada angin kita memiliki Monson barat dan timur, gelombang air dilaut dan arus air di sungai karena 2/3 wilayah Indonesia adalah lautan, bio energi karena segala macam tumbuhan bisa tumbuh di Indonesia, panas bumi karena di Indonesia dilewati oleh Ring of Fire.” ucap Maulana Wega selaku Ketua Umum DEM UPN.