banner 728x250

Elon Musk: Misi Starship Adalah Mendaratkan Manusia di Planet Mars

TheIndonesiaTimes, Texas – Roket raksasa dan terkuat milik SpaceX, Starship, berhasil meluncur pada Kamis (6/6). Ini merupakan peluncuran keempat roket tersebut. Starship diluncurkan dari fasilitas Starbase di Boca Chica, Texas, pada pukul 7:50 CT atau sekitar pukul 19:50 waktu Indonesia.

Sistem peluncuran Starship terdiri dari pesawat ruang angkasa bagian atas dan pendorong roket yang dikenal sebagai Super Heavy. Dari 33 mesin roket, 32 di antaranya menyala saat peluncuran.

Mengutip CNN, wahana ini berhasil mencatat beberapa rekor penting dalam uji coba kali ini, termasuk bertahannya kapsul Starship saat memasuki kembali atmosfer Bumi dan jatuhnya kapsul serta pendorongnya.

Setelah terpisah dari pesawat ruang angkasa, pendorong Super Heavy untuk pertama kalinya berhasil melakukan pendaratan yang baik dengan percikan lembut di Teluk Meksiko sekitar delapan menit setelah peluncuran.

Sementara itu, kapsul Starship berhasil mencapai orbit. Sekitar 50 menit setelah peluncuran, wahana antariksa ini memulai perjalanan kembali ke atmosfer Bumi.