Frans Budi Pranata Kembangkan Inspirasi dan Motivasi Bisnis Melalui Platform Digital

Frans Budi Pranata motivator bisnis konsultan finansial. (Dok Pribadi)

TheIndonesiaTimes – Frans Budi Pranata seorang motivator bisnis konsultan finansial, telah berpengalaman 30 tahun menjalankan bisnis dan manajemen.

Frans Budi Pranata Bersama tim membuat podcast yang bertujuan memberikan inspirasi dan motivasi bisnis.

Dalam podcastnya Frans Budi Pranata berbincang dengan narasumber seorang pengusaha yang telah berhasil meraih kesuksesan dalam menjalankan usahnya.

“Sehingga perbincangan dalam podcast itu dapat menjadi motivasi dan menyemangati kepada para pemirsa dalam menjalankan usahanya. Para pemirsanya bisa mendapatkan solusi, ungkap Frans kepada TheIndonesiatimes, Rabu (30/11/22)

Frans Budi Pranata adalah seorang tokoh penting sebagai seorang pebisnis profesional yang kerap dikaitkan dengan kesuksesan Zalora.

Di perusahaan platform jual beli fashion dan kebutuhan tersier lainnya itu, Frans menduduki jabatan sebagai CFO (Chief Financial Officer).

Namun semua ini tidak diraihnya dalam semalam, Frans mengisahkan bahwa dirinya mulai bekerja pertama kali pada sebuah firma akunting besar, Ernst & Young Internasional pada 1990.

“How to Build a Billion Dollar Startup”

Jika melihat pengalaman profesional Frans Budi Pranata, tentunya kita penasaran bagaimana kiat suksesnya beliau.

Saat ditanya bagaimana dia memutuskan untuk berpindah kuadran dari seorang pekerja menjadi seorang pebisnis unggul, dikatakan bahwa justru saat ini dirinya masih menjalani banyak profesi.

Menurutnya, paling enak jika memiliki banyak sumber pemasukan, sehingga dirinya masih aktif berperan dalam keempat kuadran, yaitu:

Sebagai karyawan (CFO sebuah perusahaan pembangkit listrik besar), Sebagai self employed (motivational speaker), Sebagai pebisnis (CEO The Winner Institute), Sebagai investor (untuk perusahaan start up)

Jadi, bisa dibilang kalau Frans memang multitalenta dan terus aktif dalam berbagai kuadran.

Satu hal yang tidak boleh terlupakan, Frans juga dinobatkan sebagai No. 1 National Mega Best Seller Author yang hadir dengan buku berjudul “How to Build a Billion Dollar Startup”.

Bukunya ini tentu sangat berpengaruh bagi para pebisnis pemula yang sedang kebingungan memulai bisnis start up nya sendiri.

Menurutnya, ada 4 hal penting yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis start up, yaitu:

Ide yang bagus dan menarik, Market sizenya besar, Tim yang baik , Product dan service yang baik.

“Ide besarnya begitu tapi tentunya pasti pemilihan platform, terus ada tahap yang namanya inkubasi, ada tahap namanya validasi, ada tahap namanya scale up, dan seterusnya,” tambahnya.

Frans juga menjelaskan, untuk menarik investor dibutuhkan 3 hal, yaitu konsepnya harus menarik, managementnya harus baik, dan traction nya pun dapat menarik konsumen dan return rate-nya menarik.***