Kalimantan Timur Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2021 dari BKKBN

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo serahkan Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Tahun 2021 kepada Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. (Dok BKKBN)

JAKARTA, theindonesiatimes – Kepala BKKBN Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) pada Kamis 20 Oktober 2021 memberikan Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Tahun 2021 kepada Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si dan Ketua TP. PKK Kalimantan Timur Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor. Pemberian penghargaan Manggala Karya Kencana sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian dan dukungannya terhadap kemajuan program Keluarga Berencana (KB) dan kesejahteraan keluarga di Kalimantan Timur.

Penghargaan berupa piagam dan lencana sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kepala BKKBN RI Nomor 71/KEP/G2/2021 tertanggal 25 Juni 2021, diberikan dan disematkan langsung oleh Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo kepada Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si dan Ketua TP. PKK Kalimantan Timur Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor bertempat di Pendopo Odah Etam Jalan Gajah Mada Kota Samarinda.

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menyampaikan kunjungannya ke Kaltim sangat bahagia karena serasa pulang kampung. Meski secara biologis lahir di Jogjakarta namun dirinya pernah bertugas di Provinsi Kaltim, tepatnya di wilayah Kabupaten Kutai Kartenagara selama lima tahun.

“Kaltim adalah sebagai tumpah darah saya, karena nyata menjadi dokter di Kaltim, nyata bekerja pertama kali di Kaltim, nyata menghidupi diri dan keluarga di Kaltim, sehingga Kaltim saya anggap tempat kelahiran saya kedua,” kata Kepala BKKBN Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K).

Dijelaskannya, penghargaan MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui BKKBN RI kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk, Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga.

“Diterimanya penghargaan MKK oleh Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si dan Ketua TP. PKK Kalimantan Timur Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor karena dinilai atas prestasinya yang menonjol, dan berkomitmen serta kepemimpinanya dalam menggerakkan program pembangunan keluarga, kependudukan dan KB di Kaltim termasuk juga ikut mewujudkan keluarga berkualitas dan penduduk tumbuh seimbang,” kata Kepala BKKBN Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K).

Dijelaskan Hasto, di Kaltim Indeks Pembangunan Manusianya (IPM) tinggi mendekati angka 70 dan didukung oleh adanya angka harapan hidup yang cukup tinggi, kemudian yang kedua juga program yang terkait dengan bangga kencana namanya pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana dijalankan dengan baik di Kalimantan Timur. Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) di Indonesia baru ada 2 Gubernur yang mendapatkan penghargaan tersebut dalam tahun 2021 ini. Diantaranya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si mengatakan penghargaan yang didapatkan ini merupakan sebuah tanggung jawab untuk mempertahankan dari prestasi Kaltim yang sudah baik dalam melakukan pengendalian penduduk.

Gubernur Isran berharap agar seluruh kegiatan dan program yang berkaitan dengan kependudukan dan keluarga berencana dapat berjalan lancar di Kalimantan Timur.

Foto: Kepala BKKBN Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menyerahkan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si dan Ketua TP. PKK Kalimantan Timur Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor.