banner 728x250

Kapal Induk AS Dirudal Houthi Yaman

TheIndonesiaTimes, Jakarta – Pada Jumat (31/5/2024), Houthi Yaman melancarkan serangan rudal terhadap kapal induk Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower di Laut Merah. Klaim ini disampaikan oleh juru bicara Houthi, Yahya Saree, melalui pernyataan di platform X.

Saree mengklaim bahwa serangan tersebut merupakan balasan atas serangan AS dan Inggris di provinsi Yaman Sanaa, Hodeidah, dan Taiz.

Serangan AS dan Inggris tersebut diduga menargetkan infrastruktur sipil dan menyebabkan 16 orang tewas serta lebih dari 40 orang terluka. Beberapa rudal diduga menghantam gedung stasiun radio Hodeidah, serta area di sekitar Rumah Sakit Al-Thawra dan markas besar Penjaga Pantai di Port Al-Salib, yang mengakibatkan kerusakan pada beberapa kapal komersial.

“Ini adalah penargetan yang jelas terhadap objek sipil, pelanggaran terang-terangan terhadap semua hukum internasional, dan sepenuhnya merupakan kejahatan perang. Oleh karena itu, sebagai tanggapan atas kejahatan ini dan agresi Amerika-Inggris, angkatan bersenjata Yaman melakukan operasi militer gabungan yang menargetkan kapal induk Amerika Eisenhower di Laut Merah,” tegas Saree dalam pernyataannya.