Kemendikbud Akan Mengkaji Pemangkasan Tugas Administratif Guru

Seorang Guru berkomunikasi dengan siswinya. (Foto: Ist)

JAKARTA, theindonesiatimes – Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI akan melakukan kajian terkait pemangkasan tugas administratif guru.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Supriano mengatakan kemendikbud akan melihat peraturan-peraturan mana yang perlu difokuskan. Sekarang ini semuanya ada peraturannya, ada peraturan Kemenpan RB, ada peraturannya Badan Kepegawaian Nasional (BKN), ada juga dari Kemendikbud.

“Proses pengajian peraturan-peraturan mana yang menjadi penghambat guru dalam bekerja, atau dengan pemangkasan tugas administrasi itu tidak bisa dilakukan secara cepat tanpa ada kajian,” kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Supriano di Jakarta, Selasa (26/11).

Lebih lanjut Supriano mengatakan untuk pelatihan guru, pihaknya fokus pada kemampuan pedagogik guru. Pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran.

“Pedagogik guru tersebut, yang terus ditingkatkan hingga 2020. Hal ini untuk menuju guru penggerak seperti yang disampaikan oleh bapak mendikbud,” ungkap Supriano. (Ivan