Kongres PAN Akan Diadakan Di Kendari

JAKARTA, theindonesiatimes – Kurang dari 2 minggu lagi Partai Amanat Nasional (PAN) akan mengadakan kongres partainya yang kelima. Dan rencananya akan diadakan bulan depan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Bahwa berdasarkan rapat harian DPP PAN yang diadakan tanggal 29 Januari mengukuhkan tanggal dan dan tempat untuk acara kongres PAN yang ke-5 sudah ditetapkan tanggal 10-12 Februari di Kendari. Kongres adalah perhelatan 5 tahunan dan ini forum tertinggi di PAN. Agenda kongres adalah forum untuk memilih Ketum PAN 2020-2025. Dan bahwa pelaksanaannya kurang dari 2 bln lagi,” kata Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno.

Diikuti oleh ratusan kader partai PAN diungkap oleh Bima Arya bahwa kongres partainya kali ini akan berbeda dari kongres partai lain. Dan dalam kongres tersebut nantinya PAN ingin menunjukan kepada publik bahwa partainya bisa berdemokrasi dengan dewasa.

“Ada 3 hal yang kami rasa akan jadi pembeda kongres ini dengan kongres-kongres partai lain. Yang pertama, kongres ini diadakan setelah 100 hari kerjanya Jokowi Maaruf dan hal ini akan kami bicarakan di kongres ini. Kami akan membicarakan posisi PAN dalam proses tata kelola PAN di pemerintah. Dan agenda kedua, konsolidasi internal. Disini kami akan mendiskusikan soal target-target partai ini ke depannya bagaimana, bagaimana mnghadapi pemilu dll. Kami yakin dalam kongres ini kami akan dapat mengelola konsolidasi internal dalam hal pemilihan ketum. Kami ingin menunjukan kepada publik bahwa PAN bisa berdemokrasi dengan dewasa dalam menyikapi perbedaan dalam kongres. 5 tahun yang lalu kongres di Bali hanya selisih 6 suara dan tidak ada pembentukan Pan KW 2 dan hal ini yang akan kami ke depankan di kongres yang akan datang,” ungkap Waketum DPP PAN Bima Arya kepada awak media di DPP Partai PAN di Jakarta Selatan, Kamis (30/1).

“Kandidat caketumnya ada 4 orang. Yang saat ini berkembang nama-namanya adalah pak Zulkifli Hasan sebagai Petahana, Nul Fahri Harahap, Asman Abnur dan Derajat Wibowo,” kata Wasekjen DPP PAN Sonny Soemarsono kepada redaksi Theindonesiatimes usai ditemui jumpa pers.

Terbilang mepet dalam persiapan kongres, Eko menuturkan bahwa kongres kelima partai berwarna biru ini akan mengusung tema pesta rakyat dan pihaknya sudah memesan 32 hotel di Kendari untuk 500 lebih kader partai.

“Mudah-mudahan penyelenggaraan ini bisa berjalan dengan baik walaupun waktunya mepet hanya 2 minggu karena sebelumnya saya pernah menghadiri kongres keempat dan ini yang terberat. Jadi nanti disana namanya Pesta Anak Negeri atau Pesta Rakyat. Nginap di 32 Hotel dengan jumlah kamar 1200 kamar dari 590 voter,” tutur Ketua DPP merangkap Ketua Panitia Kongres PAN ke-5 Eko Hendro Purnomo.

“Proses dan mekanisme soal tatib pemilihan ketum akan segera ditentukan setelah rapat pleno terakhir karena saat ini sedang dirancang oleh SC. Pemilik suara 590 yang akan memilih ketum. Pendaftaran akan dibuka setelah SC. 34 DPW dan DPW memiliki 2 suara ketua dan sekretaris memiliki 515 DPD yang mana suara dari ketua. DPP sekjen, Bendum, Sayap Partai & perwakilan luar negeri,” tutup Eddy dan Sonny.  (Santi)