Milad 49 Tahun Henry Indraguna: Jalankan Kehendak Tuhan, Melayani Rakyat, Dari Bagi Sembako, Migor hingga Emas Murni

Milad 49 tahun Henry Indraguna dirayakan bersama rekannya. (Wijaya)

TheIndonesiaTimes – Milad 49 tahun Henry Indraguna disyukuri dengan menjalankan kehendak Tuhan. Melayani rakyat mulai dari bagi sembako, migor atau minyak goreng hingga emas murni.

Jadi hanya ingin menjalankan kehendak Tuhan. Mungkin kalimat itulah yang bisa menggambarkan tentang sepak terjang pengacara kondang Henry Indraguna.

Bagaimana tidak, di setiap perjalanan hidupnya, Henry melakukannya dengan tulus dan suka cita, hanya karena ingin berjalan sesuai kehendak Tuhan.

Ia tak pernah berfikir tentang esok hari dirinya mau jadi apa. Tapi yang selalu menjadi basic pegangan hidupnya adalah apa yang harus dia perbuat bisa bermanfaat untuk banyak orang.

Semuanya dilakukannya hanya berdasarkan yang terbaik di hari ini dan memiliki kerberkahan bagi orang di sekitarnya.

Sosok yang pada Senin lalu (29/8/2022) memasuki umur 49 tahun ini, terkenal sebagai seorang pengusaha sukses, advokat yang sukses dan kader Partai Golkar yang dikenal memiliki akar kuat ke para pendukungnya.

Lahir dari pasangan Petrus Indraguna dan Hanawati Suherli pada tahun 1973, Henry tercatat memiliki jejak pendidikan yang memuaskan.

Dia melewati pendidikan dasar dan menengah di sekolah Katolik yang terkenal disiplin dan gudangnya anak-anak berkarakter dan sarat welas asih di Kanisius dan Santo Yoseph.

Hingga jenjang pendidikan tinggi, Henry tak pernah lelah hingga mengambil Program Doktoral.

Henry mengambil di dua Perguruan Tinggi Swasta dan Negeri. Yaitu di Universitas Borobudur Jakarta dan Universitas Negeri 11 Maret Surakarta.

Semuanya bisa diselesaikan dengan nilai sempurna, Cum Laude.

Prestasi Lawyer

Di tengah kesibukannya mengejar prestasi di bidang akademik, tak membuat Henry berhenti untuk menorehkan nama baik di bidang advokasi hukum dan politik.

Berbagai penghargaan dan memenangkan beberapa kasus selebriti dan kalangan lainnya membuat nama Henry dikenal baik oleh publik Indonesia.

Karena jasa advokasi dan bantuan hukum kepada klien yang banyak membuahkan hasil, Firma Hukum Henry Indraguna dan Partners mampu masuk dalam peringkat 5 besar kantor hukum Top 100 Indonesian Law Firms 2022. Capaian yang sangat progresif dan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Founder Henry Indraguna & Partners Law Firm ini mengaku tak pilih-piih klien untuk meminta bantuan keadilan hukum.

Yang Henry kedepankan adalah bagaimana ilmu, kompetensi, dan pengalaman yang dia miliki bisa manolong masyarakat yang mrmbutuhkan keadilan hukum.

“Jika kita menolong orang lain, lakukan seperti kita menolong keluarga kita sendiri. Sehingga kita akan berjuang habis-habisan, siapa pun yang kita tolong. Dan prinsip saya, bantulah setiap orang yang membutuhkan. Siapa pun dia, apa pun dia, saya akan berusaha hadir untuk yang membutuhkan. Tak pernah saya bedakan. Karena Tuhan melihat semua orang itu sama dihadapan-Nya,” tutur Vice President Kongres Advokat Indonesi (KAI) ini.

Dipercaya Posisi Politik

Sementara di kancah perpolitikan, ia berhasil menempatkan dirinya pada beberapa posisi penting di Partai Golkar dan di Pemerintahan Joko Widodo.

Di Beringin, Henry langsung bergabung dengan Kosgoro 1957,
salah satu Kino pendiri Golkar.

Henry ditunjuk sebagai Ketua PPK Kosgoro 1957. Bahkan tidak terlalu lama pengacara perlente ini dipercaya sebagai Anggota Dewan Pakar Partai Golkar yang digawangi politisi senior HR Agung Laksono.

Berkat kemampuannya, Henry Indraguna juga dipercaya sebagai Anggota Tim Ahli Bidang Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Tak cukup hanya itu, meskipun Henry newcomer di Beringin, namun kiprahnya di masyarakat, utamanya di wilayah Solo Raya tak diragukan lagi.

Pria yang masa kecilnya dihabiskan di Wonogiri dan Surakarta ini dinilai sebagai kader Partai yang sangat bersungguh-sungguh dan serius mangurus masyarakat.

Samino, tokoh warga di Sukoharjo menilai Henry sebagai kader Partai Golkar yang memiliki hubungan emosional dan keeratan batin dengan masyarakat akar rumput.

Meski Pemilu 2024 masih lama, suami Fangky Christina Hartati dan ayah dari Arielle Angeline Indraguna dan Arviel Henryson Indraguna sudah intens turun ke bawah (turba) membantu kesulitan rakyat saat pandemi dari sisi kesehatan, ekonomi, pemberdayaan pertanian, peternakan, UMKM, dan pemberian bea siswa tidak mampu.

Buktinya, saat pandemi Covid-19 lalu, tak terhitung bantuan yang disalurkan Henry untuk masyarakat, berupa tebus murah minyak goreng (migor), beras, dan sembako.

Begitu pula, saat pandemi mulai turun, tapi kehidupan masyarakat masih tertekan ekonominya, Henry tak pernah kendor melakukan bakti sosial ke seluruh kota/ kabupaten di Dapil Jateng V (Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali) ini.

Untuk mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan kekuatan pendukung serta potensi pemilihnya di pertengahan tahun 2022 ini, Dewan Penasehat DPP Lindu Aji ini mendirikan Henry Indraguna Center (HIC-24) di Pasar Kliwon Surakarta.

“Slogan saya, datang untuk melayani, bukan untuk dilayani Karena itu, saya ingin melayani masyarakat di Dapil Jawa Tengah V dengan tulus hati, suka cita, dan jangan lupa selalu bahagia agar diberkati Tuhan YME,” ungkapnya saat pembukaan HIC-24

Tak salah jika masyarakat Solo, Klaten, Sukoharjo, Boyolali sudah menyatakan tekad bulat mereka untuk mendukung dan mengawal niatan Henry Indraguna menjadi Anggota DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang.

Sosok Berbeda Caleg Lain

Para pendukungnya melihat Henry sebagai sosok yang berbeda dengan wakil rakyat yang pernah mereka usung. Kehadiran Henry terasa nyata di dapil-nya.

Maka jargon kowe meneh, kowe meneh yang diusung Henry Indraguna sangat relevan dengan ekspektasi publik.

Rakyat Solo Raya sudah bozen bahkan muak dengan wakil rakyat di Senayan yang ternyata telah membohongi amanah mereka saat sudah jadi anggota Dewan.

Saat musim kampanye tiba, wakil rakyat yang itu-itu saja hanya doyan bagi-bagi duit lalu menghilang saat Pemilu berakhir.

Konstituen tidak bisa menghubungi apalagi meminta bantuan kepada wakil rakyat yang itu-itu saja tadi.

Namun karya nyata Henry berbeda. Tak hanya dalam bentuk bantuan cuma-cuma atau tebus murah produk pangan. Tapi juga melalui upaya membangun ekonomi melalui pembukaan peluang kerja, seperti re-seller pupuk hingga kosmetika kecantikan.

Henry sendiri melihat langkahnya ini bukanlah sebagai upaya untuk mencari dukungan ansich. Tapi lebih kepada melakukan segala sesuatu dengan niat baik dan mencari keberkahan Tuhan.

“Saya selalu berdoa bahwa dengan sisa hidup saya bisa berguna bagi banyak orang. Karena doa mereka juga yang mendapatkan manfaat dari aksi sosial saya yang membuka berkah Tuhan untuk panjang umur yang semakin bermanfaat. Saya berterima kasih kepada ribuan warga yang mendoakan saya di hari ulang tahun saya ini. Karena doa mereka lah, saya selalu mendapatkan keberkahan, kesehatan, kehormatan, dan rezeki berlimpah. Semoga doa mereka diijabah Allah yang Insya Allah membawa saya sebagai wakil rakyat di DPR RI,” urainya.

Henry juga mengaku dirinya akan membuat warna yang berbeda sebagai calon wakil rakyat di DPR RI.

“Saya akan membagikan emas murni. Setiap anggota saya kasih. Anggota adalah mereka-mereka yang tergabung di Tim Relawan HIC-24 atau Anggota Yayasan HI Center dan tentu saja calon pemilih,” ungkapnya.

Bahkan anggota militannya akan mendapatkan penghasilan setiap 2 bulan dari yayasan selama Henry menjabat sebagai anggota DPR RI hingga 5 tahun.

“Semua pejuang atau anggota HIC akan mendapatkan penghasilan selama 5 tahun. Berjuang untuk saya selama 1,5 tahun jelang Pemilu 2024 ini dan untuk 5-10 tahun ke depan,” ucap Henry.

Aksinya yang lain dari yang lain ia lakoni ini beralasan semata-mata demi memotivasi para anggota tim pemenangannya terus semangat dan tetap memiliki daya juang tinggi.

Selain juga untuk memberikan manfaat kepada anggota tim mengingat harga emas tidak pernah turun dan lebih stabil dibandingkan lainnya.

Reses dan dana aspirasi pun, Henry janji akan membagikan kepada para anggota secara merata.

“Kenapa setiap menjadi relawan HI semua di foto dan diminta daya ingat secara lengkap dan jelas? karena semua sudah kami persiapkan buat ke depan nantinya. Jadi berjuang bersama atau kedepan tidak dapat apa pun sama sekali,” tegas Henry.

Selaras Cita-cita Golkar

Keinginannya untuk selalu mencari berkah Tuhan ini, dianggapnya selaras dengan cita-cita dan Doktrin Karya Kekaryaan Partai Golkar. Karena itu, ia memilih bernaung di bawah partai berlogo Pohon Beringin ini.

“Partai Golkar ini tak pernah memonopoli akses kebebasan. Siapa pun yang mau dan mampu berinovasi, berprestasi, dan berkarya serta mengutamakan pengabdian dan solidaritas akan mendapatkan posisi terbaik. Akan diutamakan kader yang berkualitas,” ungkap Penasehat DPP AMPI ini.

Ia memercayai bahwa setiap apa yang dimilikinya saat ini merupakan amanah dan kehendak Tuhan.

“Karena itu, saya dalam mengemban amanah yang sangat berat ini berprinsip bahwa wakil rakyat itu adalah orang yang mengerti apa yang dibutuhkan rakyat, mengerti penderitaan rakyat, apa yang diinginkan rakyat. Sebagai wakil rakyat tentunya harus bisa mencari solusi untuk menjadikan rakyat lebih baik, lebih sejahtera serta lebih adil,” pungkas Warga Kehormatan Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) ini. ***