Parakerja.co.id Penyedia Infokerja Bagi Penyandang Disabilitas

JAKARTA, theindonesiatimes – Dunia kerja saat ini mayoritas diberikan kepada para pekerja dengan kemampuan normal, namun sejumlah anak muda memikirkan kesempatan bekerja bagi para pekerja disabilitas.

Bertempat di Union Space, Satrio Tower, kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Diselenggarakan Press Conference peluncuran Aplikasi Parakerja.co.id. Adalah sebuah perusahaan start up Platform digital penyedia informasi kerja berbasis digital aplikasi penunjang kemandirian penyandang disabilitas.

Acara peluncuran tersebut turut dihadiri langsung CEO Parakerja.co.id Rezki Achyana dan Ketua Umum Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Gufroni Sakaril.

Dengan menggandeng Pusat Bahasa Isyarat Indonesia (Pubisindo) dan Persatuan Disabilitas Indonesia (PPDI), Parakerja.co.id memiliki visi untuk membantu penyandang disabilitas dan non disabilitas dalam meningkatkan aksebilitas dan kompetensi kerja menuju era industri 4.0.

Adapun aplikasi platform berbasis web dan android ini dibuat untuk memberi kemudahan bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan modul pembelajaran dan pelatihan kerja. semoga hal ini menjadikan respon positif bagi para penyandang disabilitas di masa depan.

“Dengan adanya aplikasi parakerja disabilitas serta non disabilitas akan mudah mendapatkan modul pembelajaran dan utama mengenai bahasa isyarat yang di Indonesia sendiri tidak ada lembaga ataupun tempat khusus untuk belajar bahasa isyarat baik offline apalagi online” jelas Rezki Achyana di hadapan awak media.

“Penyandang disabilitas mempunyai hak untuk mendapatkan semua yang dimiliki oleh yang non disabilitas atau normal. Lingkungan yang kurang ramah & pendidikan yang kurang, menyebabkan para disabilitas tidak mendapat ruang di masyarakat” ujar Bapak Gufroni S, Ketua umum perkumpulan disabilitas Indonesia.

“Jangan takut untuk mengembangkan kreativitas buat para penyandang disabilitas. Karena belum tentu yang nondisabilitas/normal lebih baik atau pintar dari yang disabilitas” ucap Bapak Hari suhari, dari Kementerian pariwisata Indonesia.

“Ada 4 hal yang menjadi fokus utama para kerja yaitu aksesbilitas, edukasi, kreatifitas dan pemberdayaan. Cuma untuk versi awal ini kami berfokus di bahasa isyarat karena merupakan hal paling pokok dalam hal kesetaraan antara penyandang disabilitas dan non disabilitas” ucap Rezki.

“Banyak para penyandang disabilitas setelah mereka menempuh pendidikan dan pelatihan, tidak bisa diterima sebagai pekerja di masyarakat pada umumnya” tambah Rezki kemudian.

Sebagai “Partner Digital” untuk penyandang disabilitas dan non disabilitas seperti keluarga penyandang disabilitas, guru SLB, HRD perusahaan dan lain sebagainya, aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur unggulan yang tidak ada di aplikasi sejenis.

Seperti : Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo), dimana pengguna aplikasi bisa belajar bahasa tuli langsung dari penyandang disabilitas tuli, lengkap dengan isyarat per kata, contoh kalimat dan latihan komunikasi.

Konsultasi, fitur ini berfungsi untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai dunia disabilitas dan menjadi sumber jawaban dalam mendidik anak-anak disabilitas, yang di jelaskan oleh para pakar dan ahli di bidangnya. Tematik, sebuah media belajar inovatif dan interaktif untuk pembelajaran di SLB, sehingga belajar secara digital di sekolah menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Vokasional, mempersiapkan disabilitas memasuki dunia kerja, dengan pembinaan melalui video yang aksesibel dan mudah dipahami. Tak hanya memberi modul pembelajaran, aplikasi parakerja.co id juga memberikan kesempatan magang dan bekerja bagi penyandang disabilitas dengan memberikan sertifikasi keahlian di suatu bidang kerja. Hal ini bertujuan agar para penyandang disabilitas mempunyai legalitas untuk bekerja di sebuah perusahaan.

Semoga perjuangan parakerja untuk para penyandang disabilitas dapat mendapatkan kerja di perusahaan ataupun di terima di masyarakat, membuahkan hasil yang positif sehingga tidak ada lagi kesenjangan antara penyandang disabilitas dan non disabilitas. (Yul)