Pelindo 1 Dermaga TPK Uji Coba Penerapan Autogate System

BELAWAN, TheIndonesiaTimes – Untuk Mempercepat proses pelayanan di pelabuhan, PT. Pelindo I khususnya Demaga TPK pihaknya melakukan uji coba penerapan autogate system (pintu perlintasan otomatis) di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan.

Selain itu, juga untuk meningkatkan pelayanan receiving/delivery (menerima/mengirim) peti kemas domestik maupun internasional kepada para pengguna jasa.

Keterangan General Manager (GM) TPK Belawan, Yarham Harid, kepada wartawan Rabu (14/07/21), menjelaskan bahwa penerapan autogate system tersebut merupakan komitmen untuk memberikan layanan cepat dan efisien dalam meningkatkan kinerja logistik.

Dalam layanan receiving dan delivery bisa dilakukan secara self-service oleh pengemudi head truck melalui perangkat autogate system.

Selain itu timbangan juga sudah terintegrasi dengan sistem sehingga berat timbangan peti kemas otomatis tercatat ke dalam system, sehingga tidak ada lagi interaksi tatap muka, untuk menghindari penyebaran Covid-19 dan praktik pungli.” Jelas Yarham Harid

Lebih lanjut dijelaskannya lagi , penerapan autogate system juga sebagai wujud komitmen PT. Pelindo I dalam mendukung program National Logistic Ecosystem (NLE) yakni menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional, sejak kedatangan sarana pengangkutan hingga barang tiba di gudang, yang diinisiasi oleh Pemerintah.

Menurut Yarham, untuk mendukung program tersebut, pihaknya telah menyelaraskan Delivery Order (DO) online dan Surat Perintah Pemeriksaan (SP2) online melalui NLE sebagai single platform yang harus diakses oleh pengguna jasa.

Dengan program NLE, data kepabeanan dan kepelabuhanan akan diintegrasikan sehingga memudahkan para stakeholder dalam menjalankan proses bisnis serta manajemen kargo di pelabuhan lebih mudah termonitor.

Diharapkan, melalui penerapan autogate system dapat meningkatkan kinerja gate dan sistem keamanan pelabuhan karena tidak semua kendaraan dapat bebas lalu lalang di Pelabuhan Belawan yang telah menerapkan ISPS Code.

Selain itu, layanan bisnis di pelabuhan akan semakin mudah, cepat serta mampu meningkatkan efisiensi . {Binsar Simatupang}