banner 728x250

Pemimpin ISIS di Wilayah Suriah Utara Tewas Dalam Operasi Keamanan Pasukan Irak

The Indonesia Times, Suriah – Pasukan keamanan Irak mengklaim telah menewaskan seorang pemimpin senior kelompok radikal ISIS di wilayah Suriah. Baghdad melancarkan operasi keamanan di wilayah Suriah bagian utara untuk memburu militan yang mendalangi serangan terhadap pasukan pemerintah Irak beberapa waktu terakhir.

Seperti dilansir Reuters dan Iraqi News, Rabu (12/6/2024), Dinas Keamanan Nasional Irak (INSS) menyatakan bahwa operasi keamanan dilancarkan setelah upaya intelijen yang dilakukan pasukan keamanan INSS untuk memburu sisa-sisa “teroris ISIS” dan berkoordinasi dengan koalisi internasional untuk memerangi ISIS.

Dalam pernyataannya, seperti dilansir kantor berita INA, INSS menjelaskan pasukannya melacak seorang teroris bernama Abu Zainab selama beberapa hari sebelum mengepungnya di area Al-Busayra di kota Raqqa, Suriah bagian utara.

Abu Zainab, yang merupakan warga negara Irak, terbunuh dalam bentrokan bersenjata dengan pasukan keamanan Irak di wilayah tersebut.

Menurut INSS, Abu Zainab bertanggung jawab untuk mengangkut persenjataan dan bahan peledak bagi ISIS, serta berpartisipasi dalam operasi teroris terhadap pasukan keamanan Irak di Provinsi Salah Al-Din beberapa waktu lalu.

Disebutkan juga oleh INSS bahwa operasi keamanan di wilayah Suriah itu dilakukan dalam kerja sama dengan pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS), yang bertujuan memusnahkan ISIS.