Menkop UKM Mitigasi Merek UMKM Go Digital Dalam Pandemi Covid-19

JAKARTA, theindonesiatimes – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki berencana untuk mengonsolidasikan berbagai merek pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kecil menjadi merek bersama dalam rangka meningkatkan penetrasi di pasar daring atau online.

Teten mengharapkan melalui merek bersama penetrasi UMKM ke pasar daring semakin kuat. “Dengan demikian kita menyiapkan beberapa langkah, mungkin kita meniru pengalaman Alibaba di fase awal yang menyiapkan para reseller online-nya jago-jago jualan sehingga nanti bisa terjual produk-produk UMKM-nya,” kata Teten.

Menurutnya, yang paling penting juga mungkin tidak semua UMKM ini memiliki kemampuan untuk masuk ke pasar daring karena keterbatasan SDM dan juga kapasitas produksi yang belum memadai.

“Selain itu saya kira karena merek di UMKM tersebut belum kuat, citra merek produknya itu belum kuat. Sedangkan di online mau tidak mau harus bersaing dengan merek lainnya, bahkan merek besar sekarang juga berjualan di pasar online,” ungkapnya.

Sebelumnya Teten menyatakan akan mempercepat proses go digital UMKM dengan menerapkan praktik bisnis secara digital di tengah wabah COVID-19. (Jay)