Simulasi Pasrat Korps Marinir TNI AL Hancurkan Instalasi Musuh

Peluncuran Roket MLRS Vampire. (Dok Puspen TNIAL)

KEPRI, TheIndonesiaTimes – Dalam Latihan Operasi Tahun 2021 Pasukan Pendarat (Pasrat) Korps Marinir TNI Angkatan Laut berhasil menghacurkan instalasi musuh Operasi Amfibi (Latopsfib) TNI Angkatan Laut Tahun 2021 yang dilaksanakan di Pantai Todak, Dabo Singkep, Kepulauan Riau, Senin (25/10/2021).

Operasi itu yang dilaksanakan Tim Pasrat yang dipimpin oleh Komandan Pasrat (Danpasrat) Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) berhasil memanuverkan serta  menghancurkan sasaran  dalam simulasi  sebagai instalasi musuh dengan cepat, senyap dan terencana.

Katanya diharapkan kegiatan ini bisa menambah kemampuan tempur para prajurit Pasmar 1 Korps Marinir yang pada hakikatnya merupakan prajurit pasukan pendarat sehingga apabila dihadapkan dengan situasi tempur yang sebenarnya dapat menyelesaikan segala tantangan yang dihadapi.

Tidak akan kami biarkan sejengkal tanahpun jatuh ke tangan musuh, kami akan berjuang sampai titik darah penghabisan demi tegaknya sang saka merah putih,” tegas Danpasmar 1 saat mengawali kegiatan manuver Pasrat.

Manuver Pasrat kali ini melibatkan puluhan kendaraan tempur Tank Amfibi milik Menkav 1 Marinir yang memuat prajurit Infanteri untuk merebut sasaran pantai, usai berhasil merebut sasaran pantai giliran prajurit dari Artileri Medan yang memberikan bantuan tembakan melalui senjata andalannya yaitu Roket MLRS Vampire untuk memberikan efek kehancuran yang lebih dominan terhadap kubu lawan.” {Binsar Simatupang}