Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat Distribusi Vaksin Covid-19 Termin Kedua

Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat Distribusi Vaksin Covid-19 Termin Kedua

Medan – The Indonesia Times

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah menerima 34.840 vial Covid-19 tahap satu untuk termin kedua menunggu Intruksi Pemerintah Pusat ,Jumat (15/1).

Dimana Vaksin yang telah diterima disimpan di Gudang Dinas Kesehatan, Jalan HM Yamin, Medan.

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, Sri Suriani Purnamawati mengatakan, untuk distribusi pihaknya masih menunggu instruksi dari Dirjen P2P Kemenkes RI.

Lanjutnya, vaksin termin kedua memang bakal diperuntukkan untuk 30 kabupaten/kota di luar Medan, Binjai Deliserdang (Mebidang) yang sebelumnya sudah menerima vaksin.”Jadi masih menunggu lagi. Karena pemberian vaksin ini dilakukan 2 kali,” katanya kepada Media .

Sri juga menjelaskan, dari kedua termin tersebut, termin pertama 40.000 vial sudah diterima. Dinas Kesehatan Provinsi Sumut sejauh telah ini telah menerima 74.840 vial vaksin Covid-19. Sebanyak 34.060 vial sudah didistribusikan untuk masing-masing wilayah di Mebidang.Jadi dengan 74 ribu ini bisa untuk 37 ribu SDM kesehatan yang dapat,” jelasnya.

Menurut Sri, lantaran jangkauan vaksinasi bagi SDM kesehatan telah melebar, sehingga bukan hanya ditujukan bagi tenaga kesehatan (nakes) saja, melainkan juga ditambah SDM yang bekerja di bidang kesehatan.

Hingga saat ini proses pendataan masih terus dilakukan.nanti kalau memenuhi kriteria, penerima vaksin akan mendapatkan SMS. Sebab data yang kita masukkan adalah data awal, Sehingga bila ternyata memiliki komorbid nanti akan terseleksi dan tidak akan mendapatkan SMS,” Cetusnya .{ Binsar Simatupang }