UNJ Virtual Riset Expo dan LPPM Award 2021 Hadirkan Produk Inovatif dan Unggul

Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si. (Dok Humas UNJ)

JAKARTA, TheIndonesiaTimes – Dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-57, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kembali mengadakan Virtual Riset Expo dan LPPM Award ke-5 untuk tahun 2021 seperti tahun-tahun sebelumnya tetapi dengan penyuguhan berbeda yaitu secara 3D Gallery Virtual, dengan tema “Mewujudkan Produk Penelitian Inovatif dan Unggul” serta ditayangkan melalui zoom dan live streaming kanal Youtube Edura TV. Riset Expo dan LPPM Award 2021 diselenggarakan pada Rabu (9/6) pukul 09.00-12.00 WIB di Aula Gedung
University Training Center Lantai 8, Kampus A UNJ.

Acara dibuka oleh Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin, M.Si serta sambutan dan arahan dari Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) yang diwakili oleh Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan, Prof. Ismunandar, Ph.D.

Dalam kesempatan ini, Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si menjelaskan agar
seluruh civitas akademika UNJ tetap mempertahankan dan meningkatkan kerja keras khususnya di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar UNJ dapat masuk top 10 terbaik nasional.

Dikatakannya, di awal tahun 2021, UNJ sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) menjadi perguruan tinggi pertama yang memiliki predikat akreditasi “Unggul”. Predikat ini diharapkan menjadi cambuk bagi seluruh civitas akademika untuk terus bersama-sama bekerja keras membangun UNJ dalam menggapai visi menjadi perguruan tinggi bereputasi di kawasan asia. Prestasi lainnya juga diperoleh UNJ yaitu peringkat klasterisasi berada pada rangking 20 nasional.

Lebih lanjut Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si mengatakan ada 3 (tiga) poin penting dari kegiatan ini yaitu:

  1. Karya-karya Inovatif dan Produktif diketahui oleh masyarakat luas dan UNJ bukan hanya sebagai lembaga penghasil tenaga pendidik tetapi juga banyak karya-karya Inovatif produktif yang bisa dimanfaatkan bagi pengembangan masyarakat, dunia industri dan pemberdayaan lainnya.
  2. Meningkatkan komitmen civitas terutama para dosen untuk terus meningkatkan kinerja dan produktivitas didalam riset-riset inovatif.
  3. Membuat tradisi secara kelembagaan juga untuk memberikan insentif bagi mereka yang sangat produktif.

“Ini tentu harapan kita dengan pemberian insentif ini produktivitas mereka semakin meningkat. Oleh karena itu saya juga berharap pemberian Award ini juga menambah semangat mereka,” tutur Rektor UNJ.

Kegiatan penelitian pada dasarnya berupaya mengatasi persoalan yang dihadapi oleh masyarakat karena itulah dalam kegiatan UNJ Virtual Riset Expo, LPPM menghadirkan berbagai produk penelitian unggulan dari seluruh civitas akademika UNJ baik dalam bidang pendidikan maupun dalam sains dan teknologi.

Tujuannya adalah agar makin banyak civitas akademika dan masyarakat baik dunia usaha dan dunia industri untuk lebih mengenal berbagai produk penelitian unggulan dan inovatif dari seluruh civitas akademika UNJ.

Ketua LPPM UNJ, Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si (Dok Humas UNJ)

Ketua LPPM UNJ, Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si mengharapkan LPPM, melalui kegiatan UNJ Virtual Riset Expo dan LPPM Award 2021 ini akan terbangun kerjasama dan kolaborasi yang lebih baik lagi antara para peneliti UNJ dengan pihak dunia usaha, dunia industri, maupun pemerintah.

“Kegiatan yang berlangsung selama tujuh hari ini untuk mensosialisasikan produk penelitian unggulan dari civitas akademika UNJ agar lebih dikenal oleh masyarakat luas dan peneltian untuk memecahkan berbagai persoalan yang ada di masyarakat,” ungkap Ucu Cahyana.

Secara khusus, dalam kegiatan LPPM Award 2021, Pimpinan UNJ memberikan penghargaan kepada Fakultas dan dosen yang berprestasi dalam bidang Publikasi Terbanyak Fakultas, Penelitian Terbanyak Fakultas Sumber Dana DRPM Kemenristek/BRIN, HKI Terbanyak Fakultas, Penghargaan Jurnal OJS UNJ (Terindeks Sinta 2) Tahun 2020, Apresiasi terhadap Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Publikasi Terbanyak Individu, HKI Terbanyak Individu, Sitasi Terbanyak, dan Apresiasi Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Terbaik. (Ivan)